Sabtu, 26 Juli 2014

Kumat, 25 Juli 2014

"Kutipan Ceramah Jum'at"

Assalamualaikum Wr.Wb.

Semoga berkah dan rahmat senantiasa terlimpah kepada kita semua, hamba-hamba Allah SWT yang selalu mencari jalan menuju kemenangan dan kebahagiaan. Aamiin :)

Ramadhan nampaknya akan benar-benar berakhir. Tersisa satu atau dua hari lagi kita masih tidak tahu. Namun yang pasti Ramadhan akan meninggalkan kita semua. Dan masih belum tahu juga, apakah kita akan kembali bertemu Ramadhan di tahun depan. Hanya Allah SWT yang tahu. Di akhir Ramadhan ini, kita harus melihat situasi dan kondisi yang terjadi. Banyak orang dewasa kini menganggap bahwa akhir Ramadhan adalah sebuah kebahagiaan. Ya memang tidak salah jika di hari Raya nanti kita memang harus berbahagia. Namun yang dimaksut adalah mengapa di akhir Ramadhan ini kita tidak meningkatkan ibadah serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sudah saya katakan bahwa kita masih belum pasti untuk bertemu Ramadhan tahun depan. Yang terjadi sekarang adalah banyak orang yang sangat sibuk mempersiapkan diri demi menyambut hari Raya Idul Fitri. Sibuk sendiri dengan hiruk-pikuk gemerlapnya berbelanja, berbenah rumah, bersenang-senang,dll yang membuat kita lupa dengan ibadah kita. Kita harus lihat bagaimana di zaman sahabat nabi. Ketika akan berakhirnya Ramadhan, para sahabat nabi sangat sedih dan takut. Mereka malah meningkatkan amal ibadah mereka di akhir Ramadhan. Semoga kita dapat meniru segala kebaikan yang diajarkan kepada kita. Dan mengapa kita harus bersedih ??

- Karena dengan berakhirnya bulan Ramadhan, akan berakhir pula fadilah atau keutamaan yang ada di bulan Ramadhan.

- Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, sedihlah kita jika kita belum mendapat ampunan dari Allah SWT. Sungguh sangat merugi dan celaka orang-orang yang tidak mendapat ampunan dari Allah SWT. Rasulullah SAW pun juga ikut bersedih jika ada umatnya yang tidak mendapat ampunan dari Allah SWT.

- Dan ada 5 malam yang mustajabah, yaitu

  • Malam Nisyfu Sya'ban
  • Malam awal Rajab
  • Malam Jum'at
  • Malam Idul Fitri
  • Malam Idul Adha
Alhamdulillah, sekian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum Wr.Wb.

sumber :
Ust. Sahrun Mubarok
Al-Muchlisin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar