Jumat, 25 Juli 2014

Kultum Subuh, 25 Juli 2014

"BULAN TERKABULNYA DOA"

Assalamualaikum Wr.Wb.

Semakin hari semakin dekat dengan akhir Ramadhan, semoga bulan penuh berkah ini memberikan berkah dan rahmatNya kepada kita semua yang beriman kepada Allah SWT. Aamiin :)

Alhamdulillah saya dapat merangkum sedikit ilmu yang inshaAllah akan bermanfaat bagi pengetahuan kita atau dapat kita terapkan sehari-hari. Yaitu tentang Doa.

Doa merupakan suatu ibadah yang secara langsung menghadap dan berinteraksi dengan Allah SWT. Kita dapat mencurahkan segala isi hati kita lewat doa. Karena doa adalah senjata utama bagi kita. Di dalam berdoa, kita dapat meminta segala sesuatu yang kita inginkan kepada Allah SWT. Tapi Allah maha tahu atas segala apa yang kita lakukan dan kita pikirkan. Wallahualam. Namun, ada beberapa waktu jika kita memanjatkan doa yang inshaAllah akan terkabul, yaitu.

- Doa orang berpuasa ketika berbuka puasa. Dalam hal ini tidak hanya puasa wajib saja yang dimaksud, melainkan puasa sunnah pun juga termasuk. Ada hadits yang membuktikannya. Dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda "sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka  tidaklah tertolak". (HR. Ibnu Majah no.1753)

- Pada malam lailatul qadar, ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar jatuhnya pada sepuluh hari terakhir Ramadhan di malam-malam ganjil. "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun makaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS Al-Qadr ayat 3-5)

- Pada sepertiga malam, Hadits yang menguatkan adalah Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : "Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dia berfirman : Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan, dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni. Sungguh sangat beruntung bagi kita yang dapat menegakkan ibadah dan menghadap kepada Allah SWT di sepertiga malam terakhir.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu :

- Kita berdoa ikhlas karena Allah SWT
- Makanan yang kita makan dan pakaian yang kita pakai adalah halal
- Amar Ma'ruf Nahi Munkar
- Tidak meminta kepada sesuatu yang tidak baik.
- Dll.

Semoga bermanfaat sedikit ilmu yang bisa saya tuliskan. :)

Wassalamualaikum Wr.Wb.

sumber :
Ust. Suharmaji
Al-Muchlisin






Tidak ada komentar:

Posting Komentar